UNIKAMA – Ada yang berbeda pada Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahaiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). KKN biasanya terjun langsung ke desa-desa, namun KKN kali ini mahasiswa Unikama melakukan International Excursion ke Universiti Utara Malaysia (UUM).

“KKN kali ini tujuannya bukan lagi terjun ke masyarakat, tapi lebih kepada mencari pengalaman tentang kehidupan akademis Internasional. Diharapkan, mahasiswa mendapatkan ilmu belajar di kelas Internasional dan dapat berpikir out of the box,” ungkap Ayu Liskinasih, M.Pd.

Kegiatan kali ini diikuti 16 Mahasiswa Unikama yang terdiri dari Fakultas Bahasa dan Sastra serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kerjasama Unikama dengan UUM sudah dilakukan sejak tahun 2017 dan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun. Selain International Excursion, kerjasama yang dilakukan dengan UUM Malaysia diantaranya Program PPL di sekolah Malaysia selama sebulan. Selain itu, Camp Bahasa serta Kepemimpinan yang dilakukan setiap tahun.

Tujuan program ini memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa mengenai kehidupan akademis Internasional. Memperluas perspektif mahasiswa dari pengalaman lintas kultural, melatih kerjasama, kemandirian, dan problem solving. Disamping itu juga memperluas jejaring mahasiswa serta menumbuhkan rasa nasionalisme.

Sekilas mengenai Universiti Utara Malaysia terletak di Sintok, Kedah, Malaysia Utara yang berbatasan langsung dengan Thailand. UUM merupakan salah satu Universitas unggulan di Malaysia dengan lahan seluas 1030 hektar. Mahasiswa UUM berasal dari berbagai negara di dunia yang semuanya tinggal di lingkungan kampus.

Nantinya peserta akan mendapatkan jadwal rinci perkuliahan yang harus diikuti. Perhatikan dengan baik nama gedung, ruang dan jadwal, manfaatkan waktu luang untuk mencari lokasi perkuliahan. Aktif dalam perkuliahan, perhatikan peraturan kelas dan kerjakan tugas yang diberikan, pesan Ayu.

“Nantinya fasilitas kampus yang akan diberikan ke kalian yakni Internet di area kampus, Bus, perpustakaan, Asrama, Soworking Area di asrama, Fasilitas kesehatan, mall , cafe, Sport Center. Jadi, Universitas ini sangat luas segalanya, sehingga mulai dari S1, S2, maupun S3 tinggal di asrama dan segala fasilitas disediakan oleh Universitas,” ungkap Stifania Siba. (inka)

LAKUKAN INTERNATIONAL EXCURSION, MAHASISWA UNIKAMA GOES TO UUM MALAYSIA