Sebagai rangkaian aktivitas hibah Program Penguatan Kantor Urusan Internasional (PPKUI) dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) yang diterima oleh UNIKAMA, pada hari Kamis (4/8/2016) Rektor UNIKAMA, Dr. Pieter Sahertian, M.Si beserta rombongan Kantor Kerjasama Luar Negeri (IRO) UNIKAMA melakukan visiting study ke International Office Universitas Brawijaya. International Office Universitas Brawijaya (IO UB) adalah salah satu mitra yang ditunjuk Ristek Dikti untuk membimbing universitas pemenang hibah Program Penguatan Kantor Urusan Internasional di wilayah timur Indonesia.

Rombongan Unikama diterima langsung oleh Kepala IO UB, Prof. Dr. Ifar Subagyo, M. Agr. ST beserta jajarannya. Dalam pertemuan selama 2 jam ini, pihak IO UB memaparkan profil singkat IO UB dan perjalanan awal pembentukan International Office hingga saat ini.

Prof. Ifar berbagi pengalaman dan strategi memperkuat kantor urusan internasional. Ditegaskan Prof. Ifar, kunci kesuksesan kantor urusan internasional terletak pada dukungan akademisi dan kebijakan rektor.  Menurut beliau, diperlukan waktu yang tidak singkat untuk membangun International Office yang kuat, bahkan kegiatan-kegiatan internasionalisasi sering dianggap sebelah mata. Oleh sebab itu, kesadaran kegiatan internasionalisasi perlu dibangun dan didukung oleh jajaran rektorat, fakultas, dan prodi yang menjadi pelaksana kegiatan-kegiatan internasional.

Di akhir kunjungan, Prof. Ifar berpesan bahwa kepada UNIKAMA bahwa untuk menguatkan IRO Unikama diperlukan kesinambungan program-program internasional. Dalam hal ini, yang perlu dibangun pertama kali adalah pengakuan internasional terhadap UNIKAMA. Hal tersebut bisa dicapai dengan mendorong dosen dan mahasiswa melakukan publikasi internasional dan mengikuti kegiatan konferensi ilmiah di kancah internasional.

Visiting Study Kantor Kerjasama Luar Negeri UNIKAMA ke International Office Universitas Brawijaya
WhatsApp chat