Dari atas-bawah, kiri-kanan: Penandatanganan MoU dengan UUM; kunjungan kehormatan ke UMT, kunjungan kehormatan ke USM, penandatanganan MoU dengan UnisZa
Dari atas-bawah, kiri-kanan: Penandatanganan MoU dengan UUM; kunjungan kehormatan ke UMT, kunjungan kehormatan ke USM, penandatanganan MoU dengan UnisZa

Pada tanggal 23 hingga 26 Februari 2016 yang lalu, Rektor Unikama, Dr. Pieter Sahertian, M.Si didampingi oleh Wakil Ketua Yayasan PPLP-PT PGRI Malang, Dr. Christea Frisdiantara, Ak., MM., dan Kepala IRO Unikama, Umiati Jawas, Ph.D melakukan kunjungan ke empat Universitas di Malaysia. Keempat Universitas tersebut adalah: Universiti Malaysia Terengganu, Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZa), Universiti Utara Malaysia (UUM), dan Universiti Sains Malaysia.

Selain melakukan Courtesy Visit (kunjungan kehormatan), Rektor Unikama juga melakukan penandatanganan MoU dengan Universiti Sultan Zainal Abidin (UnisZa), Terengganu. Bertindak sebagai penandatangan MoU dari pihak UnisZa adalah Vice Chancellor UnisZa, Prof. Datuk Dr. Ahmad Zubaidi A. Latif. Selain itu, pada 24 Februari 2016, dilakukan pula penandatanganan MoU dengan Universiti Utara Malaysia yang berkedudukan di Kedah, Malaysia. Pihak UUM diwakili oleh Timbalan Naib Counselor, Prof. Madya Dr. Abdul Malek Haji Abdul Karim.

MoU yang telah ditandatangani mencakup kegiatan akademik dosen, mahasiswa, dan antar universitas. Bagi mahasiswa, program yang direncanakan dalam waktu dekat meliputi pelaksanaan Student Mobility Program, English Camp (program pelatihan bahasa Inggris singkat di Malaysia), Community Service (Kuliah Kerja Nyata), Visiting Student (pertukaran pelajar selama 1 semester yang bebas SPP), Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dan program-program lain yang akan disepakati bersama di kemudian hari. Kesempatan berharga ini terbuka bagi semua mahasiswa Unikama. Sedangkan bagi dosen, MoU mencakup kerjasama collaborative research, studi lanjut, konferensi dan seminar internasional, serta external examiner untuk thesis mahasiswa Malaysia.

Semoga kerjasama yang telah dibina dengan universitas-universitas di Malaysia ini terus berlanjut dan dapat bermanfaat bagi kemajuan Unikama.

 

PENANDATANGANAN MoU DAN KUNJUNGAN UNIKAMA KE EMPAT UNIVERSITAS DI MALAYSIA
WhatsApp chat